Wapres: Biaya Pendidikan Harus Dikendalikan, Jangan Melonjak Terus

Jakarta – Terus meningkatnya biaya pendidikan di Indonesia menjadi penyebab sulitnya masyarakat menikmati bangku sekolah. Karena itu, biaya pendidikan yang mahal itu harus dikendalikan.

“Biaya dari pendidikan itu sendiri harus ada pengendalian. Harus dikendalikan jangan sampai melonjak-lonjak terus,” kata Wapres dalam jumpa pers di Kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (18/11/2011).

Menurut Wapres, pengendalian biaya pendidikan bisa dilakukan melalui pemberian subsidi. Contohnya saat ini adalah penyaluran dana Bantuan Operasional (BOS) yang bertujuan untuk menurunkan biaya pendikan.

Kedua, adalah dengan pemberian beasiswa bagi siswa yang tergolong miskin. Menurut Wapres, pemerintah akan meningkatkan jumlah penerima beasiswa itu dari tahun ke tahun.

Ketiga, melakukan audit terhadap lembaga-lembaga yang mematok biaya pendidikan di atas standar yang ditetapkan. Cara itu dimungkinkan, menurut Wapres, untuk mengetahui kenapa biaya pendidikan begitu tinggi di suatu sekolah atau perguruan tinggi.

“Diaudit kalau ada lembaga pendidikan yang seharusnya memberikan pelayanan dengan standar biaya tertentu tiba-tiba melonjak biayanya. Saya kira di sini ada ruang untuk melihat itu kenapa?” tandas mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini.

Dijelaskan Wapres, dengan biaya yang terkendali, angka partisipasi sekolah akan meningkat. Lama rata- rata sekolah masyarakat Indonesia pun akan terkerek dengan sendirinya. Angka rata-rata lama sekolah itu menjadi indikator bagi Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Saat ini, berdasarkan pengukuran United Nations Development Programme (UNDP), angka rata-rata lama sekolah di Indonesia baru 5,8 tahun. Indonesia tertinggal di banding negara lain seperti Filipina (8,9 tahun), China (7,5 tahun), Thailand (6,6 tahun), dan Malaysia (9,5 tahun).

Apabila program-program pendidikan saat ini dilaksanakan dengan baik, serta biaya pendidikan dikendalikan, menurut Wapres, maka angka rata-rata lama sekolah di Indonesia akan meningkat. UNDP memperkirakan, angka rata-rata lama sekolah penduduk Indonesia akan meningkat menjadi 13,2 persen. Prediksi itu lebih tinggi dibanding negara-negara lain.

“Indonesia peningkatannya lumayan dibanding negara lain. Jadi secara umum saya katakan memang kalau kita genjot pendidikan dan kesehatan ini saya kira saya cukup optimis kita bisa tingkatkan IPM dengan laju yang lebih tinggi di tahun-tahun mendatang,” tutup Wapres.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s