Mahasiswa Perlu Manfaatkan Internet

Mahasiswa perlu memanfaatkan dunia maya atau internet untuk meningkatkan intelektualitas dengan mengakses hal-hal yang positif, kata Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Sri Atmaja Rosyidi.

“Saat ini dunia maya menjadi semakin tidak terbatas, dan akses untuk menperoleh informasi apa pun semakin mudah. Hal itu semestinya dimanfaatkan mahasiswa untuk hal-hal yang positif, seperti membuat blog,” katanya di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia pada “Blog Contest 2011”, dengan adanya blog selain kemampuan kritis penulis menjadi terasah, saling tukar informasi juga menjadi nilai penting bagi pengembangan intelektualitas tersebut.

“Saat ini UMY tidak hanya mengedepankan nilai-nilai spiritual dan keislaman. UMY sebagai sebuah lembaga pendidikan juga berupaya untuk terus berupaya menyeimbangkan nilai-nilai tersebut dengan pengembangan nilai-nilai intelektualitas,” katanya.

Oleh karena itu, dalam upaya membudayakan minat dan kebiasaan menulis di lingkungan akademis, UMY mengadakan kontes blog bagi seluruh sivitas akademika, baik mahasiswa, dosen maupun karyawan.

“Kontes blog merupakan salah satu sarana untuk mendorong pemikiran dan ide terutama mahasiswa untuk dituangkan ke dalam tulisan,” kata Sri.

Kepala Biro Sistem Informasi (BSI) UMY Wahyudi mengatakan indikator penilaian kontes blog itu tidak hanya dilihat dari kuantitas tulisan, tetapi juga upaya memberikan komentar di artikel tulisan orang lain.

Kontes blog ini diharapkan tidak sekadar dijadikan sebagai wahana untuk menulis. Kontes itu diharapkan juga dijadikan pendorong mahasiswa untuk gemar membaca, karena tanpa membaca tidak akan dapat menghasilkan tulisan yang bagus.

“Komentar di artikel orang lain merupakan salah satu tanda mereka membaca. Selain itu, juga dapat menambah jaringan dan pertemanan di dunia maya,” kata Wahyudi.

Pemenang utama kontes blog itu adalah Siti Khotijah, Fisabilillah, Septine Yuspita Widia, Muhammad Faldi Baskoro, Mardian Ramaji, Dian Anggraini, Nurjanah Awaliyah, Ayu Novia Carolina, Muhammad Alif Chaeran, Ardiyanto Nugroho, Muhammad Rihzki, Ihsan, Ari Wibowo, Heny Alpandari, dan Banyuriatiga.

Pemenang harapan kontes blog itu adalah Muhammad Arief Zuliyan, Nadira Sylviana Devi, Teguh Wiradinata, Ghaea Malfirah, dan Fatra Laindah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s